Memilih Niche, antara Peluang dan Tantangan

Sebelum membuat web ada baiknya kita memilih dulu nichenya. Niche itu ada tiga macam: niche yang peluangnya besar tapi tantangannya juga besar, niche yang peluangnya besar tapi tantangannya sedang dan niche yang peluangnya besar tapi tantangannya ringan. Mau pilih yang mana? Terserah kita. Di sini akan saya jelaskan niche satu per satu.

Memilih Niche, antara Peluang dan Tantangan
pic: pixabay.com

Niche adalah semacam tema kecil yang dipersempit. Gampangnya seperti ini: Toys (tema besar), Train Toys (lebih spesifik), Train Toys Battery (tema kecil), Train Toys Battery Home Made (tema kecil yang dipersempit).

Nah, Train Toys Battery itulah yang dinamakan niche. Dari niche inilah nantinya kita bisa memilih kata kunci dan domain yang tepat. Kalau mau dijadikan mikro niche ya jatuhnya Train Toys Battery Home Made.

Semua niche pada dasarnya memiliki peluang. Asalkan pemilihannya tepat. Tinggal melihat seberapa besar tantangannya. Atau boleh juga bila menggunakan niche finder.

Untuk melihat besar kecilnya tantangan suatu niche bisa dilihat dari hasil pencarian, umur web yang main di niche tersebut, meta tagnya dan link building web tersebut.

Dari sana nantinya bisa dilihat apakah tantangannya besar, sedang atau ringan. Tapi yang jelas, selama kita memilih niche yang tepat, domain yang tepat dan konten yang oke maka apapun nichenya insya Allah berpeluang menghasilkan visitor bagi kita.

Have a nice day. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.