Pentingnya Siklus Akuntansi Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah bisnis yang kegiatannya mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi yang siap dijual. Persediaan dan proses industri manufaktur terdiri dari persediaan bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi. Untuk menghitung biaya proses produksi manufaktur, dibutuhkan siklus keuangan yang transparan. Dengan menggunakan Sistem ERP terbaik, siklus keuangan bisnis manufaktur dapat diselesaikan dengan cepat dan transparan.

Siklus Akuntansi Bisnis Manufaktur

Pada dasarnya, proses akuntansi pada industri manufaktur tidak berbeda dengan perusahaan jasa dan dagang. Proses akuntansi manufaktur terdiri dari penerimaan bukti transaksi, pencatatan pada jurnal keuangan, posting ke buku besar, pembuatan neraca saldo, kemudian penyusunan laporan keuangan. Yang membedakan pencatatan transaksi industri manufaktur dengan lainnya terletak pada pencatatan biaya produksi. Software Akuntansi terbaik Hashmicro yang mampu melacak dan mencatat seluruh transaksi keuangan secara otomatis. Ketahui skema perhitungan harga software akuntansi untuk mengetahui kalkulasi harganya.

Transaksi Keuangan dalam Industri Manufaktur

Pada tahap awal ini, bukti transaksi keuangan dikumpulkan dan diberikan kepada bagian akuntansi untuk diolah sebagai sumber data pencatatan transaksi. Bukti transaksi dapat berupa nota, kwitansi, Purchase Order (PO), Purchase Requisition (PR), dan lainnya. Bukti transaksi yang terdiri dari pemasukan dan pengeluaran dana penting untuk dijaga agar tidak hilang dan menimbulkan ambiguitas. Dengan menggunakan software ERP akuntansi, pencatatan transaksi keuangan dapat dilakukan secara real-time dan otomatis.

Aspek penting pada tahap pencatatan transaksi keuangan industri manufaktur adalah menggunakan metode akrual. Pencatatan transaksi keuangan penting dilakukan agar perusahaan dapat mengatur keuangan sebaik mungkin sehingga mampu meningkatkan profitabilitas. Sistem Akuntansi Manajemen HashMicro meminimalkan human error dengan pencatatan serta perhitungan akrual dan amortisasi secara otomatis.

Pencatatan Jurnal Industri Manufaktur

Untuk mencatat transaksi yang telah dilakukan dapat menggunakan jurnal umum akuntansi, dengan tujuan akhir mencapai balance. Pembuatan jurnal bertujuan untuk mengelompokkan transaksi sesuai akun-akun yang tertera di jurnal tersebut. Dengan menggunakan software ERP akuntansi yang terintegrasi, proses penjurnalan transaksi keuangan dapat dilakukan secara otomatis tanpa memakan waktu lama. Manfaat dari penjurnalan adalah mengetahui dengan jelas perhitungan terhadap bukti transaksi perusahaan pada periode tertentu.

Buku Besar untuk Industri Manufaktur

Buku Besar Industri Manufaktur

Transaksi keuangan yang telah dicatat di dalam jurnal wajib diposting ke buku besar (general ledger) . Buku besar penting karena akan digunakan dalam pembuatan laporan akuntansi. Buku besar mampu memberikan informasi kepada akuntan dan memudahkan dalam melacak kesalahan saat pencatatan transaksi perusahaan. Buku besar juga bermanfaat untuk melakukan audit pihak eksternal. Sistem ERP akuntansi dapat membantu akuntan dalam penyusunan buku besar secara otomatis dan dalam waktu yang lebih cepat.

Di dalam buku besar terdapat akun riil dan akun nominal. Akun riil digunakan dalam laporan posisi keuangan seperti aktiva, modal, dan kewajiban. Sementara itu akun nominal merupakan jenis akun pada laporan laba rugi, termasuk pendapatan dan beban.

Neraca Saldo

Neraca saldo adalah jenis laporan keuangan untuk memeriksa perbedaan antara debet maupun kredit. Angka yang dimasukkan ke dalam neraca saldo adalah angka-angka yang tertera pada saldo dalam buku besar. Terdapat tiga jenis neraca saldo, yaitu neraca saldo yang belum disesuaikan, neraca saldo setelah penyesuaian, dan neraca saldo penutup. Untuk menghitung transaksi yang telah dimasukkan ke dalam neraca saldo dengan akurasi yang tinggi dapat menggunakan software akuntansi yang dapat menganalisis lebih mendalam dan estimasi transaksi secara akurat.

Pencatatan Laporan Keuangan Industri Manufaktur

Setelah melakukan tahap-tahap dari pencatatan transaksi, penjurnalan, mencatat pada buku besar dan neraca saldo, maka laporan keuangan dapat disusun secara terperinci. Hasil akhir dari laporan keuangan tersebut dapat digunakan sebagai informasi yang menunjukkan tingkat kesehatan dan kondisi keuangan industri manufaktur. Pihak akuntan harus membuat laporan keuangan lebih kredibel. Proses pembuatan laporan keuangan dapat diselesaikan dengan menggunakan software akuntansi untuk hasil yang akurat dan menghindari human error .

Conclusion

Dengan demikian, siklus akuntansi pada bisnis manufaktur tidak berbeda jauh dengan bisnis lainnya. Yang membedakan adalah pada transaksi industri manufaktur terdapat pencatatan biaya produksi. Siklus akuntansi pada industri manufaktur dapat diselesaikan dengan bantuan software ERP akuntansi. Penggunaan software akuntansi mampu menghemat waktu dan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Sistem akuntansi yang terintegrasi dapat diakses secara real-time, serta akurasi yang tinggi pada proses akuntansi perusahaan. Software Akuntansi terbaik Hashmicro yang mampu melacak dan mencatat seluruh transaksi keuangan secara otomatis. Ketahui skema perhitungan harga software akuntansi untuk mengetahui kalkulasi harganya.

ALSO READ

pioncmcm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *